RSS

Pengelolaan Instalasi Komputer di Instansi Sekolah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.           Latar Belakang
Pada era informasi dan globalisasi menyebabkan cara mengelola data untuk menyelesaikan pekerjaan para operator mengalami perubahan dari secara manual ke sistem komputrerisasi. Oleh karena itu Dinas pendidikan Pusat dituntut untuk melakukan perancangan program - program operasionalnya secara efektif dan efisien untuk mempertahankan eksistensinya pendidikan, sehingga pengelolaan instalasi komputer  merupakan kekuatan yang sangat penting untuk membantu dalam mengolah data. Program yang berkualitas yaitu program yang akurat, relevan, dan efektif sehingga operator pada sekolah – sekolah dapat mengelola data sekolah. Dengan demikian, pengelolaan instalasi komputer merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.
Bagi sekolah – sekolah Negeri maupun swasta  merupakan suatu keharusan dan tidak lepas dari persoalan pengelolaan data, karena sebagian besar data yang dikelola dapat berkelanjutan pada jenjang pendidikan berikutnya. Dengan adanya Pengelolaan instalasio komputer yang dipakai yang baik, maka kekacauan-kekacauan yang umum terjadi dalam bidang pengelolaan instalasi komputer seperti tidak terhubungnya komputer satu dengan komputer lainnya maka terjadinya kekurangan waktu dalam pengolahan data sekolah dan cuman di operasikan satu operator.
Untuk mencapai tujuan Dinas Pendidikan Pusat supaya data sekolah bisa dikirim atau dipakai oleh Pusat maka Dinas Penddidikan bertanggung jawab terhadap program – program yang dapat mempermudah kerja operator sekolah dalam pengelolaan data. Program yang dirancang oleh Dinas pendidikan seperti Dapodik, Padamu Negeri dan Sipkd
1.2. Rumusan Masalah
Untuk dapat melakukan aktivitas Pengelolaan Instalasi Komputer untuk semakin kompleks dalam pengelolaan data sekolah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengevaluasi dan menganalisa  Pengelolaan Insatalasi Komputer yang baik untuk kelancaran dalam pengelolaan data di sekolah.
Dari uraian diatas maka permasalahan yang menarik diangkat untuk lebih mengetahui tentang perusahaan adalah:
  1. Bagaimana Gambaran Pengelolaan Instalasi Komputer pada SMP N 4 Bukittinggi
  2. Bagaimana Data Umum SMP N 4 Bukittinggi
1.3.  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan makalah ini adalah:
  • Data Umum SMP N 4 Bukittinggi.
  • Pengelolaan Instalasi Komputer SMP N 4  BUkittinggi.
1.4.   Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui lebih banyak dan mempelajari tentang Pengelolaan Instalasi Komputer dan pengelolaan Data di SMP N 4 Bukittinggi dan menganalisa.





BAB II
LANDASAN PUSTAKA

2.1.         Pengertian Pengelolaan
Pengelolaan  adalah melakukan sebuah upaya pemeliharaan secara terjadwal atau tidak terjadwal.
Instalasi, adalah proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bisa digunakan oleh sistem.
            Komputer  adalah alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya yaitu perangkat yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll, diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.
            Pengelolaan Instalasi Komputer memberikan pembelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengelola instalasi sistem komputer pada suatu instansi. Pengelola diharapkan mampu menjamin sistem komputer yang dipergunakan akan dapat dioperasikan tanpa henti.
 2.2.  Pengelolaan Instalasi Komputer.
Pengelolaan Instalasi Komputer merupakan merupakan memberikan pembelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengelola instalasi sistem komputer pada suatu instansi. Pengelola diharapkan mampu menjamin sistem komputer yang dipergunakan akan dapat dioperasikan tanpa henti.
2.2.1.   Ruang lingkup pengelolaan instalasi komputer adalah:
  • Keamanan alat
  • Gedung
  • Instalasi pendingin
  • Sistem catu daya
  • Instalasi komunikasi data
  • Sistem pengamanan
2.2.2.    Fungsi penting PIK pada sebuah instansi :
  • Pengunaan komputer dapat bekerja lebih efektif dan efesien
  • Menjamin komputer yang di gunakan dapat bekerja lebih tahan lama
  • Data yang dikelola dapat tersimpan dengan baik.
  • Mempermudah mengakses data
2.2.3.  Tujuan PIK:
  • Untuk mendukung operasi-operasi operator dalam sehari-hari (to Support the –day-to-day operations)
  • Mendukung pengambilan data.









BAB III
TEMUAN – TEMUAN

3.1.  Profil SMP N 4 Bukittinggi
3.1.1. Sejarah SMP N 4 Bukittinggi
 SMP Negeri 4 Bukittinggi terletak di Jalan Panorama No. 36 Bukittinggi yang berdekatan dengan lokasi wisata Panorama dan Lobang Jepang. Ditinjau dari segi sejarahnya sekolah ini sudah berdiri semenjak zaman penjajahan Pemerintahan Hindia Belanda. Sekolah ini didiri pada tahun 1926 yang pada waktu itu bernama MEDELBAR UDGEVER LAGEREONGERWEIS SCHOOL (MULO) .
Pada masa itu yang boleh bersekolah disekolah ini hanya anak-anak dari para pejabat dan pegawai Pemerintah Hindia Belanda, dan guru-gurunya sebahagian besar dari bangsa Belanda,  oleh karena itu bahasa pengantar yang digunakan disekolah ini adalah bahasa Belanda. Lama pendidikan di MULO adalah tigatahun. Siswa yang duduk di kelas III dibagi menjadi dua jurusan, yaitu :
1.    Kelas III A Jurusan Sosial
2.    Kelas III B Jurusan Eksakta
Siswa tamatan MULO banyak tersebar diseluruh wilayah Indonesia dan Negeri Belanda. Para Alumni sekolah MULO mendirikan suatu Yayasan yang bernama “YAYASAN PANORAMA”. Yayasan ini bergerak untuk membantu kelancaran pendidikan pada bekas sekolah MULO, berupa bantuan Bea Siswa setiap tahunnya dan bantuan fasilitas lainnya.
Pada  tahun 1942 – 1945 Indonesia dijajah oleh Jepang dan lokasi MULO   (SMP 4 sekarang )dijadikan sebagai markas tentara oleh Jepang ,
Setelah Indonesia merdeka tahun 1945, maka pemerintah Indonesia mendirikan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) di Bukittinggi, dan salah satu diantaranya adalah SMP Negeri 4 Bukittinggi yang pada waktu itu bernama SMP 2 Bukittinggi dengan Kepala Sekolah Bapak Ilyas St. Pamenan sebagai Kepala Sekolah Pertama.
Tahun 1946 sampai tahun 1948 di lokasi SMP 2 ( SMP sekarang ), disamping sebagai lokasi sekolah, oleh pemerintah juga dijadikan sebagai tempat percetakan Uang Republik Indonesia Pusat    ( URIP ) untuk Propinsi Sumatera.
 3.1.2. Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar 1 Struktur Organisasi SMP N 4 Bukittinggi
1.    Kepala sekolah
2.    Wakil kepala bagian kurikulum
3.    Wakil kepala bagian kesiswaan
4.    Wakil kepala bagian humas
5.  KTU.
6.    Bagian kepegawaian.
7.    Bagian bendahara
8.    Bagian operator
9.    Arsip
10.  Penjaga sekolah
11.   Bagian keaman
12.  Bagian wali kelas
13.  Bagian majelis guru

BAB IV
PEMBAHASAN
 4.1. Analisa Terhadap PIK SMP N 4 Bukitiinggi
4.1.1. Gedung
Ruang computer adalah segala jenis ruang yang berisi instalasi komputer baik tunggal maupun jaringan. Pengertian Instalasi komputer juga menyakup ruang server, ruang kontrol jaringan komputer (LAN) dan ruang pengolahan/penyimpanan data digital.
            Dalam ruang computer di perlukan penataan dan pengaturan yang sistimatis agar di dapatkan kenyaman dan keamanan dalam penggunaan computer dalam ruangan.untuk itu di perlukan pertimbangan dan kesiapan
Gedung yang dipakai merupakan iventaris daerah yang sudah di modifikasi untuk ruangan – ruangan khusus untuk Tata usaha, Operator, Wakil kepala sekolah , dan Kepala sekolah yang saling berdekatan.
ü  Lokasi ruang komputer
Posisi ruangan komputer atau ruangan operator di antara ruangan Tata usaha dengan ruangan kepala sekolah dan wakil. Karena mempermudah Tata Usaha, Wakil dan kepala sekolah untuk mendapatkan data sekolah baik data siswa, guru atau pun iventaris sekolah.
ü  Tata ruang
Didisegn khusus agar operator nyaman melakukan pekerjaan untuk pengelolaan data. Ruangan yang disediakan berbentuk segi empat yang dapat menampung 2 orang operator.
ü  Sistem penerangan
Untuk penerangan di SMP N 4 Bukittinggi mempasilitasi setiap ruangan kerja diberi pencahayaan yang cukup.   
4.1.2        Instalasi pendingin
            Untuk pendingin ruangan, karena daerah bukittinggi daerah dingin jadi tidak dipasang instalasi pendingin. Untuk bekerja setiap komputer digunakan alat pendingin khusus untuk komputer, karena komputer yang digunakan hidup 8 jam. 
4.1.3        Sistem catu daya
                Peralatan yang ada umumnya sangat bernilai bagi kelangsungan sistem dan tidak murah. Kebutuhan lingkungan yang khusus atau memenuhi syarat tertentu, karena peralatan komputer dengan kemampuan tinggi umumnya sensitif terhadap suhu, kelembapan dan tegangan listrik

Daya yang dipakai adalah dari PLN. Ada beberapa cara untuk mengatasi komputer yang digunakan tidak terjadi konsleting atau rusak akibat dari turun naik nya tegangan  arus listrik.
ü  Pemakaian Regulator (Penstabil tegangan listrik)
Penstabil tegangan arus listrik agar tidak terjadinya kerusakan pada komputer SMP N 4 bukittinggi menggunakan Regulator yang berkapasitaskan besar. Komputer operator yang digunakan berjumlah 4 bh.   
ü  UPS (Uninterruptible Poser Supplay)
Masing – masing komputer menggunakan UPS untuk mencegah terjadinya matinya listrik secara tiba – tiba.
4.1.4        Instalasi komunikasi data
ü  Manajemen Distribusi Kabel
                Pengolahan data di SMP N 4 Bukittinggi dilkakukan oleh operator – operator. Setiap komputer operator di pasang jaringan local atau kabel LAN agar dapat operator yang lain mengakses data yang sifatnya umum, seperti data siswa. Dalam mengolah data, operator memakai aplikasi DAPODIK yang sudah dirancang oleh DIKNAS PUSAT. Aplikasi ini memiliki server  langsung ke pusat. Dan juga diakses secara paralel  oleh seluruh operator  sekolah dan harus melakukan komfirmasi dengan oprator utama.   

ü  Local Area Network
Untuk pemasangan atau penggunaan Local Area Network SMP N 4 Bukittinggi memakai kabel jenis Cros. Jarak antara komputer utama dengan komputer yang lain 5m. Dan komputer utama tidak semua data yang dapat diakses oleh operator lain, yang prinsipnya rahasia maka di kunci oleh operator utama.
Keuntungan dari pemakaian kabel LAN mampu membagi atau mensharing data sesama komputer operator.
  
ü  Wide Area Network
Untuk jaringan Wide Area Network SMP N 4 Bukittinggi tidak memakai karena jarak antara operator cuman berjarak 4m dan itupun satu ruangan.

ü  Instalasi Kabel
Untuk instalasi kabel yang digunakan memakai sistem paralel.

4.1.5        Sistem pengamanan
ü  Sistem Proteksi
Setiap data yang diproses selain operator utama harus melakukan konfirmasi dengan operator utama agar data dapat terjaga dengan baik dan aman.
ü  Pengamanan Ruang Data (Data Safe)
Pengamanan yang sudah di terapakan oleh SMP N 4 Bukittinggi telah menggunakan CCTV yang hidup 24 jam. Jika terjadi keganjalan terhadap keamanan maka dapat di lihat hasil rekaman CCTV. CCTV yang dipakai dihubungkan dengan internet agar dapat diakses dimana saja. Komputer untuk CCTV di khususkan 1 komputer agar tidak mengganggu data yang lain.

ü  Sistem Akses
Untuk mengakses data yang bersifat online seperti PADAMU NEGRI, DAPODIK, CCTV dan data iventaris dapat dilakukan dimana saja yang penting ada jaringan internet. Dan untuk data non online hanya dapat dilakukan di sekolah.
Keamanan Instalasi, meliputi :
ü  Pencurian
Keamanan dari pencurian setiap ruangan sudah dipasang teralis besi dan kunci ganda.
            Keamanan Hasil Pengolahan, meliputi :
ü  Program (Sistem)
Setiap program yang dip[akai untuk pengolahan data dipasang pasword dan cuman diketahui oleh operator utama.
ü  Data atau Informasi
Untuk keamanan data sudah mencapai 80% namun masih ada kekurangan yang perlu untuk di tingkatkan.
ü  Dokumen
Penyimpanan arsip data atau dokumen nah disini juga mengalami kekurangan dan masih mencapai 85% terjaga.



BAB V
PENUTUP
 5.1.         Kesimpulan
5.1.1. Pengelolaan instalasi komputer
            Pengelolaan Instalasi Komputer sangat penting dalam dunia kerja. Karena, dengan bekerja di ruangan yang nyaman kita dapat melakukan suatu pekerjaan dengan optimal. Selain itu, dengan pengelolaan dan perawatan yang dilakukan secara teratur akan memerkecil resiko yang mungkin akan ditimbulkan oleh kerusakan peralatan jika tidak dirawat dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

hendra@candung. Diberdayakan oleh Blogger.